Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Konten Youtube yang Mudah Dibuat bagi Pemula

Ide Konten Youtube yang Mudah Dibuat bagi Pemula
Ide Konten Youtube yang Mudah Dibuat bagi Pemula

Evin - Saat ini youtube masih menjadi platform media sosial bagi para konten kreator dalam mengekspresikan diri mereka dalam bentuk video, sekaligus meendapatkan uang tambahan.

Walau saat ini telah ada aplikasi serupa yang menawarkan keuntungan seperti Facebook dan Tiktok, akan tetapi banyak yang beranggapan jika bermain di Youtube masih lebih menjanjikan.

Namun sayangnya, karena peraturan Youtube begitu ketat terkait pelanggaran hak cipta, membuat pembuat konten agak was-was dalam proses pembuatan video.

Padahal, apabila mereka mengikuti kebijakan yang berlaku, sebenarnya mereka tak perlu khawatir akan terkena pelanggaran itu.

{tocify} $title={Table of Contents}

Konten Youtube yang Mudah dibuat

Banyak orang yang ingin sekali mendapatkan penghasilan tambahan dari youtube. Namun, banyak kendala yang mesti dihadapi sehingga membuat para konten kreator agak malas untuk mengerjakannya.

Seperti mentoknya ide dikepala hingga peralatan membuat video youtube yang bagus dan tentunya berharga mahal, sehingga banyak dari mereka urung membuat videonya.

Akan tetapi sebenarnya banyak juga jenis video yang mudah dibuat dan tak perlu punya peralatan mahal. Cukup bermodalkan smartphone biasa saja dan dengan menginstall aplikasi edit video gratis di playstore seperti Capcut, kita sudah bisa untuk membuat banyak video.

Lalu, apa aja niche konten youtube yang mudah dibuat?

Berikut diantaranya:

1. Konten Gaming

Salah satu jenis konten yang mudah dibuat dan ramai penonton adalah konten gaming. Jenis game seperti Mobile Legends, Honor of Kings, Pubg Mobile, hingga game-game santai yang sempat viral pada masanya misalnya Cacing, Among us dan Stamble.

Semuanya merupakan game mobile gratis yang bisa didownload di Playtore dan Appstore. Jadi, kalian hanya perlu bermain di ponsel sembari merekam wajah ketika ngegame.

Merekam wajah sendiri penting dilakukan. Karena takutnya kita udah capek-capek bikin video, tapi malah tidak bisa dimonetisasi oleh Adsense. Jadinya, banyak video yang sudah dibuat seakan sia-sia.

2. Konten Memasak

Sama halnya game, konten memasak pun tidak sulit untuk dikerjakan. Kalian hanya tinggal merekam diri saat memasak, lakukan editingan sedikit juga videonya udah jadi.

Atau kalian juga bisa bikin video masakan tanpa perlu memperlihatkan diri secara utuh. Cukup rekam saja bagian tangan ketika megaduk-aduk makanan, serta perlihatkan juga bahan-bahan makanan atau bumbunya, lalu jelaskan satu persatu.

Karena video memiliki target ibu-ibu, jadi apabila terus konsisten upload video secara rutin, maka channel youtube kita kemungkinan besar akan menjadi trending dan banyak viewer.

3. Konten Do It Yourself (DIY)

Berikutnya, ada konten Do it yourself atau yang biasa disingkat DIY. Jenis postingan ini hanya akan memperlihatkan bagian tangan kalian untuk mengutak-atik sesuatu, hingga bisa berbentuk karya sederhana, namun sangat berguna, berfungsi dan menarik bagi banyak orang.

Banyak kategori dari niche DIY ini. Seperti membuat beberapa bentuk dari kertas origami, menjahit baju dan masih banyak lagi. Mungkin hasilnya akan jadi pajangan apabila diikuti orang, akan tetapi konten ini masih banyak peminat apalagi jika dibikinkan short.

4. Aplikasi Penghasil Uang

Ada satu lagi video yang sering diburu para penonton, yaitu website atau aplikasi penghasil uang. Jenis ini ada dua macam, dari yang recehan hingga jutaan.

Walaupun recehan tetap masih banyak yang suka dengan jenisnya ini karena kemudahan dalam pengerjaannya. Banyak website yang menghasilkan recehan yang telah tersedia sejak dulu yang bisa diikuti seperti Clickworker, microjob uhrs, Surveyon, serta Yougov.

Sementara yang bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar, misalnya cara membuat video di Youtube, Blogging, Facebook, Tiktok hingga affiliate marketing.

5. Tutorial Blogging

Jika selain punya channel Youtube kalian juga punya situs blog, maka tutorial blogging merupakan salah satu ide jenis konten youtube yang mudah dibuat.

Disini, kalian bisa menjelaskan bagaimana caranya agar blog kita bisa masuk page one Google. Seperti menjelaskan caranya riset keyword, menanam backlink, membuat postingan artikel dengan cepat menggunakan Ai Chat GPT dan gemini, atau bisa menjelaskan bagaimana terjadinya perubahan algoritma Google.

Banyak juga yang penonton setia menunggu video terbaru terkait kegiatan ngeblog ini. Karena blog masih menjadi salah satu sumber pendapatan maksimal lewat jaringan iklan online.

6. Konten CPA

Konten ini masih ada kaitannya seperti blog yang menerima komisi dari iklan digital, yaitu bermain Click per action. Dimana para pemain CPA akan mengshare link sebanyak-banyaknya ke media sosial ataupun landing page.

Jelaskan juga bagaimana caranya untuk membagikan tautan tersebut, lalu cara melihat perhitungan pendapatan termasuk terkait dengan besaran tingkat CPM nya.

Ada beberapa jaringan iklan online yang dimanfaatkan bagi para pemain CPA. Contohnya directlink Adsterra dan Monetag adalah dua contoh platformnya.

7. Konten Narasi Film

Untuk membuat narasi film memang mesti berhati-hati karena rawan pelanggaran hak cipta. Jadi, apabila kalian ingin bermain niche ini perlu ketelitian yang seksama dalam pengeditan agar clip atau potongan film tersebut aman.

Selain itu, buatlah narasi semenarik mungkin. Kalau perlu ada ciri khas atau karakternya. Jadi, kalau ada penonton yang mendengar suara dari narasi tersebut, mereka langsung tahu kalau itu adalah channel youtube kita.

8. Konten Dubbing

Mungkin konten dubbing ini mirip dengan review film di atas. Tapi, yang akan dibuat bukanlah tentang film, tetapi potongan-potongan klip dan gambar dari footage lain dan kita buat dubbingnya.

Contohnya seperti konten dubbing video klip sepakbola. Dengan mencari satu persatu klip yang lucu dalam dunia olahraga ini, lalu kita memberikan komentar-komentar lucu terkait adegan dalam video clip tersebut.

Berbeda dengan informasi yang sedikit formal, konten dubbing lebih terdengar fun agar menarik perhatian viewer. Sudah banyak sebenarnya akun sejenis ini yang telah memulai dari nol, hingga mereka punya banyak subscriber.

9. Konten Berkebun

Bagi yang hobinya berkebun dan bercocok tanam, kenapa gak dibikinkan juga videonya? Karena selain dapat menyalurkan hobi, dengan mengupload video ke youtube, maka akan mendapatkan adsense.

Kalau untuk penontonpun tentunya yang menjadi target adalah viewer dengan minat yang sama dengan kita. Tetapi bukan tidak mungkin, penonton lainpun juga ikut menyukai video kita itu.

Posting Komentar untuk "Ide Konten Youtube yang Mudah Dibuat bagi Pemula"