Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Headset Tidak Bisa Connect ke Handphone

Headset Tidak Bisa Connect ke Handphone
Headset Tidak Bisa Connect ke Handphone

Evin - Audio adalah salah satu hal penting saat menggunakan handphone. Suara yang jernih dan jelas didengar menjadi nilai tambah bagi perangkat sewaktu memakainya.

Baik itu buat menelepon seseorang, mendengarkan musik, ataupun keperluan saat bermain game. Jelas apabila suara yang dihasilkan terlebih saat bermain game sangat menambah pengalaman bermain.

Masing-masing handphone telah dilengkapi dengan speaker. Sebagai salah satu output device, suara yang dikeluarkan speaker biasanya tak seenak sewaktu menggunakan headset.

{tocify} $title={Table of Contents}

Headset Tidak Tersambung ke HP

Memang, mendengarkan suara lewat headset lebih enak. Apalagi saat bermain game. Dimana efek-efek suara internal game di mobile sangat jelas terdengar, beda halnya kalau mendengar lewat speaker.

Masalahnya, terkadang headset tidak bisa tersambung ke hp. Kendala ini sering dikeluhkan pengguna smartphone ketika sedang mengutak-atik ponsel.

Ada beberapa alasan kenapa headset tidak bisa connect ke handphone, salah satunya karena kabel yang terputus atau sudah rusak. Selain itu ada beberapa hal lainnya, diantaranya:

1. Kabel Rusak

Headset memerlukan kabel untuk mengkoneksikan ke ponsel (kecuali pengguna headset nirkabel). Pastikan saat membeli headset baru untuk mengecek kondisi kabel apakah bagus atau tidak.

Lihat apakah terdapat bagian kabel yang terkelupas. Upayakan memilih kabel dengan kondisi mulus. Karena jika salah membeli, takutnya malah mendapatkan barang seken dengan kondisi yang sudah rusak.

2. Port Jack HP Kotor

Masalah lain mungkin yang bisa menyebabkan headset gagal nyambung ke ponsel, diakibatkan oleh kotornya port jack hp karena debu yang menumpuk masuk kedalamnya.

Dengan kondisi lubang kabel headset yang kotor di handphone, maka otomatis ponsel sulit membaca output device yang terpasang, sehingga tidak bisa terkoneksi dengan baik.

3. OS Handphone Error

Setelah mengutak atik headset tetapi tidak ditemukan kerusakan, maka coba periksa bagian handphone Anda. Karena siapa tahu justru masalah pada handphone lah yang membuat kedua perangkat gagal konek.

Contohnya, ketika memasukkan kabel headset ke dalam lubang portable handphone, icon headset tidak muncul di layar, jadinya tidak bisa digunakan. Masalah ini mungkin disebabkan oleh sistem operasi error pada ponsel.

4. Headset Kena Air

Masalah lainnya yang terjadi akibat headset yang kemasukan air. Air masuk melalui sela-sela lubang kecil pada bagian speaker headset yang mengeluarkan suara.

Akibatnya, terjadi konslet pada headset dan tidak bisa dipakai lagi saat menyambungkannya ke ponsel. Gangguan ini terjadi apabila kita teledor dalam menjaga headset.

5. Jarak Headset dan HP Jauh

Khusus yang terakhir ini terjadi bagi user headset bluetooth. Dimana penggunanya tidak memerlukan bantuan kabel untuk mengaliri suara agar bisa keluar lewat smartphone.

Walau tanpa kabel, Anda juga dibatasi jarak 5-10 meter untuk mendapatkan suara yang dihasilkan. Jika jarak Anda lebih jauh dari ini, maka sinyal bluetooth akan hilang, dan sambungan akan terputus.

Jadi, headset nirkabel ini memiliki batas jarak, dimana posisi Anda saat memasang headset di telinga, tidak boleh kejauhan dari letak handphone.

Cara Mengatasi Headset Gagal Konek

Di atas telah dikatakan hal-hal apa saja yang membuat headset tidak bisa tersambung ke handphone. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mencegah atau mengatasinya.

Berikut merupakan cara mengatasi headset gagal konek ke ponsel:

1. Beli Headset yang Tersegel

Kadangkala sulit juga mendapatkan headset bagus atau yang masih berfungsi, walau kondisi kabelnya mulus. Karena seringkali kita mendapatkan headset yang rusak di dalam kabelnya, sehingga tidak bisa dialiri listrik.

Hal ini biasanya terjadi sewaktu Anda membeli barang bekas. Sebenarnya kita ingin membeli headset baru, namun tanpa disadari kita justru mendapati barang lama. Parahnya lagi headsetnya sudah rusak.

Oleh karena itu, untuk mencegah hal ini terjadi, maka caranya dengan membeli headset yang masih tersegel didalam bungkus atau wadahnya.

2. Cek Performa Headset

Setelah pemakaian lama, performa headset juga akan menurun. Namun, bukan berarti rusak juga tentunya.

Terdapat beberapa faktor yang menurunkan kualitas headset. Seperti usia headset, lama pemakaian, kualitas dan lainnya. Jadi, cek performa headset sendiri sebelum memutuskan membawa ke tukang service atau membeli baru.

Caranya:

  • Jangan sampai ada kabel dalam posisi tertekuk atau terlihat patah
  • Lapisi dengan selotip, jika ada bagian kabel yang terkelupas
  • Masukkan ujung kabel ke lubang dan gerakkan sampai suaranya keluar
  • Jika tidak ada suara juga, maka kemungkinan besar headset sudah rusak
Begitulah cara cek performa headset. Jadi, sebelum memutuskan membeli baru, sebaiknya periksa sendiri terlebih dahulu kondisi kabelnya untuk memastikan kondisi barang masih bagus atau sudah rusak.

2. Setting Headset di Ponsel

Mungkin tanpa disadari Anda terlalu banyak mengutak atik pada bagian pengaturan, sehingga tidak sengaja merubah settingan headset pada device.

Keadaan ini menyebabkan headset tidak bisa berfungsi normal, atau bahkan tidak tersambung sama sekali. Jadi, atur settingan seperti semula, atau pada kondisi awal.

3. Cek Portable Headset

Di atas, salah satu yang membuat headset gagal konek yaitu lubang portable yang kotor oleh tumpukan debu.

Mungkin soal ini terkesan sepele, namun ternyata bisa mengganggu koneksivitas diantara kedua perangkat.

Akibatnya, suara yang dihasilkan kecil dan yang jelas tidak enak untuk didengar. Bahkan dalam beberapa kasus masalah ini membuat tidak adanya suara yang keluar dari headset.

Karena itu, bersihkan terlebih dahulu debu-debu yang menempel. Bersihkan secara hati-hati agar tidak terjadi kerusakan lanjutan.

4. Install Lesser AudioSwitch

Jika masalah di atas masih belum juga terselesaikan, mungkin Anda memerlukan bantuan aplikasi, salah satunya Lesser AudioSwitch.

Dengan aplikasi ini, akan membantu ponsel untuk menghubungkan dengan headset lewat pengaturan. Bahkan aplikasi ini juga bisa merubah settingan lewat fitur suara.

Selain itu, keunggulan lainnya dari aplikasi ini yaitu kita bisa mengetahui apakah headset sudah konek ke handphone atau belum.

5. Reset Pabrik

Setelah pusing tidak mendapati kerusakan pada bagian headset maupun lubang kabel yang kotor, ternyata justru masalahnya terdapat pada internal sistem operasi android di handphone.

Jika hal ini terjadi, maka mau tidak mau Anda mesti melakukan reset factory. Dengan melakukan reset pabrik, maka kondisi operation system akan kembali ke awal.

Namun, hal ini bukan cara yang dianjurkan karena terdapat banyak resiko. Seperti kehilangan file-file penting ataupun cara reset itu sendiri.

Jadi, pergilah ke service center yang menjamin keselamatan handphone Anda. Sebelumnya, cadangkan atau backup dulu semua file penting seperti foto, video, mp3 atau document lain.

Pindahkan ke handphone lain, atau ke laptop yang memiliki ukuran memori lebih besar dan bisa menampung banyak file.

Penutup

Headset membantu kita mendapatkan suara terbaik dibanding suara speaker yang keluar lewat handphone.

Namun, berbagai kerusakan tentunya akan menghambat pengalaman sewaktu mendengarkan musik, suara video, atau suara internal game.

Akan tetapi, lewat cara-cara di atas, Anda tidak perlu cemas lagi karena masalah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah.

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Headset Tidak Bisa Connect ke Handphone"