Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Situs Penyedia Daftar Pustaka Online Bagi Penulis

Daftar Pustaka Online
Daftar Pustaka Online

Evin - Sewaktu mengerjakan berbagai tugas, baik itu karya ilmiah, makalah maupun skripsi, Anda tentu dihadapkan pada pembuatan daftar pustaka di akhir tugas tersebut.

Pekerjaan ini terlihat mudah dilakukan. Namun ketika penulisan telah selesai dibuat dan waktunya menyusun daftar pustaka, banyak penulis justru kebingungan saat mulai membuatnya.

Akan tetapi, nasib baik masih memihak Anda. Karena saat ini kita sudah berada di era digital yang membuat semua hal terasa mudah.

Internet yang sudah saling terhubung memberikan akses bagi penggunanya dalam menginginkan sesuatu secara online, termasuk pembuatan daftar pustaka.

{tocify} $title={Table of Contents}

Situs-situs Daftar Pustaka Online

Setelah mengetahui ternyata daftar pustaka bisa dibuat secara otomatis berkat adanya berbagai situs-situs yang tersedia, tidak ada salahnya kita juga ikut menggunakannya sebagai langkah mempercepat pembuatan tugas.

Women Read Book

Berikut merupakan deretan situs-situs daftar pustaka online yang bisa dijadikan referensi.

1. Citation Machine

Daftar pustaka online gratis yang pertama saya rekomendasikan adalah Citation Machine (citationmachine.net). Dengan website ini bakal mempermudah penggunanya dalam bikin daftar pustaka online otomatis.

Lewat situs ini, Anda bisa memanfaatkannya sewaktu pembuatan berbagai tugas internasional serta dapat juga digunakan untuk beragam sumber referensi, seperti buku, skripsi, makalah, e-book dan segala hal lainya.

2. Citefest

Selanjutnya ada Citefest. Dengan situs online ini memiliki fitur gratis dan Andapun bisa mengakses pengguna dari penjuru dunia. Referensi tersebut berasal dari website maupun jurnal.

Uniknya, situs ini tersedia beberapa metode penulisan daftar pustaka. Seperti APA Style 6 hingga yang terbaru APA Style 7, selain itu ada MLA, dan juga Chicago. Hasilnyapun bisa dipakai dalam metode apapun sesuai standar kampus. 

3. Cite This for Me

Berikutnya ada web yang bisa kamu pakai yaitu Cite This for Me atau beralamat citethisforme.com. Melalui situs ini, Anda perlu mencari referensi judul dari tema yang kamu inginkan.

Cite This For Me sendiri berkembang secara internasional. Karena itulah, kamu mesti menginput data mengenai informasi apapun yang lagi dicari. Setelah memasukkan datanya, maka sistem langsung menampilkan hasil data yang diinginkan. Kemudian, kita hanya tinggal mengcopy hasil output yang keluar tadi.

Berarti, kita dengan mudah menata format penyusunan daftar pustaka secara online. Hal ini terjadi karena sistem akan otomatis memunculkan format yang telah ditentukan sebelumnya.

4. My Bib

Next sebagai situs buat daftar pustaka online adalah My Bib atau mybib.com. Sama seperti yang di atas, My Bib bersifat gratis dengan menyediakan contoh penulisan dari berbagai sumber website, buku, jurnal, video, blog, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Cara mengutak-atik fiturnya sangat mudah dilakukan. Anda langsung saja buka webnya lalu pilih opsi jenis referensi yang sesuai. Input data tergantung permintaan situs, misalkan untuk buku tinggal masukkan ISBN. 

Apabila ketika unggahan di blog terdapat data sumber nama penulis, editor, ataupun tanggal upload, hasilnya tinggal copas saja ke lembar kerja. 

5. BibMe (bibme.org)

Rekomendasi berikutnya ada BibMe yang dapat dijadikan pilihan dalam membuat daftar pustaka secara otomatis. Langkah kerjanya hampir sama saja dengan yang lainnya, hanya dengan cara menginput sumber referensi beserta kata kunci yang dicari.

Contohnya, jika kamu mengambil sumber dari sebuah buku, kamu hanya cukup masukkan ISBN dari bukunya. Web ini otomatis akan menata berdasarkan format yang diinginkan. Tunggu sekejap sampai proses selesai. Setelahnya, kita tinggal menyalinnya.

6. Mendeley

Mendeley Cite adalah plug-in dari Microsoft Word yang menjadikan kita bisa mengutip sumber tanpa meninggalkan dokumen. Fitur ini muncul pada tab Reference di Ms. Word yang membuat kita bisa tambahkan kutipan pada teks untuk menghasilkan bibliografi.

Mendeley Cite bekerja lebih baik apabila terdapat aplikasi desktop Mendeley tempat menyimpan dan mengatur sesuatu. Tools ini tersedia fitur impor Web Mendeley sebagai tempat menyimpan web page secara otomatis ke aplikasi desktop.

Sewaktu bersiap menulis artikel, kamu tinggal klik saja Sisipkan Kutipan, maka seketika pop-up akan muncul. Ini berfungsi untuk mencari perpustakaan Mendeley lewat keyword ataupun nama penulis, judul buku, atau tahun terbit.

Penggunanya tinggal pilih bahan referensi berdasar plug-in lalu membuat kutipan pada teks. Website ini juga memudahkan kita saat ingin mengedit kutipan tersebut dengan cara manual.

7. Paperpile

Paperpile merupakan situs tempat bahan referensi berbasis langganan yang membuat kita dapat menyimpan, mengatur, dan mengshare semua hasil penelitian.

Versi berbayarnya menjangkau versi beta plugin Word pada Mac dan Windows. Akan tetapi, Paperpile menawarkan versi gratisan dalam Google Docs.

Versi gratisan ini merupakan add-on plugin yang tampak pada sidebar Google Docs atau Paperpile, nd. Tools ini membolehkan kita mencari referensi sebagai bahan secara online atau lewat unggahan berkas menurut nama writer, keyword, DOI, atau ID PubMed.

Kutipan bisa dibuat melalui situs ini baik secara manual maupun otomatis. Jika telah selesai, kita bisa mengekspor file ke Microsoft Word.

8. CiteMaker

Citemaker mengaku jika mereka merupakan alat pembuat daftar pustaka onlinr yang terbaik di kelasnya. CiteMaker dapat buat bibliografi yang hasilnya bagus dalam sekejap, hanya membutuhkan tiga langkah mudah.

Pertama, pilih gaya kutipan dari dropdown. CiteMaker memiliki format kutipan APA, Chicago, Harvard, MLA, Oxford, dan Turabian. Kemudian, lakukan pembuatannya dengan cara manual ataupun otomatis.

Kita bisa mengutip sumbernya secara otomatis dan mencari kutipan Bibtex, ISBN, URL situs web, atau DOI. Selain itu, kamu bisa bikin kutipan secara manual untuk sembilan jenis sumber dengan berbagai subtipe untuk masing-masing jenis.

CiteMaker terdapat preview yang bisa dilihat apakah susunannya sudah betul atau belum.

Terakhir, tinggal salin saja dan tempelkan atau ekspor daftar kutipan dan bibliografinya. Akan tetapi, apabila ingin menyimpannya, maka kita mesti create account.

9. KnightCite

KnightCite adalah sebuah situs pembuat kutipan online gratis yang beroperasi di Calvin College oleh Hekman Perpustakaan. Websitenya diciptakan oleh seorang siswa sekolah bertujuan sebagai tempat membangun alat kutipan yang cepat bagi siswa lainnya.

KnightCite memberi kemudahan bagi penggunanya berupa elemen standar yang disertai dalam kutipan. Hal ini memberikan Anda tips sebagai jenis sumber daya untuk Anda kutip sebagai style kutipan pilihan masing-masing.

Siapa pun yang menjalankan KnightCite, Anda perlu mendaftar secara gratis supaya dapat menikmati lebih banyak fitur seperti save dan mengurutkan berdasarkan abjad dan ekspor ke ms. word.

10. EndNote

Terakhir, ada Endnote yang merupakan sebuah software lengkap yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang dalam melakukan penelitian.

Plug-in menghubungkan perpustakaan EndNote dan Microsoft Word atau Apple Page. Sehingga kita bisa mengutip berbagai sumber-sumber dengan lancar tanpa mesti beralih ke interface yang beda.

Disini terdapat plugin End-Note Cite-As-You-Write, maka dengan mudah kita bisa bikin kutipan dan bibliografi cuma dalam satu klik saja.

Penutup

Kemudahan yang diberikan oleh internet sekali lagi membantu para penggunanya dalam menjalankan aktivitas, termasuk saat ingin membuat daftar pustaka online.

Nah, dengan deretan situs-situs yang telah dikemukakan di atas, maka tidak ada alasan lagi jika Anda merasa susah saat ingin membuat daftar pustaka.

Posting Komentar untuk "Deretan Situs Penyedia Daftar Pustaka Online Bagi Penulis"