Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Untuk Menambah Penghasilan

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok
Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Evin - Media sosial telah membuka berbagai peluang baru bagi individu untuk mengekspresikan diri, dan pada saat yang sama mendapatkan penghasilan. Salah satu platform yang menjadi favorit para kreator konten adalah TikTok.

Tiktok sangat populer bagi kalangan freelancer sebagai salah satu tempat mendapatkan uang tanpa modal di internet.

Jika Anda adalah seseorang yang penuh kreativitas dan ingin tahu bagaimana cara menghasilkan uang dari platform berbagi video yang sedang naik daun ini, mari kita bahas ulasannya di bawah ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Seperti yang kita tahu, tiktok yang dulunya dipandang sebelah mata, namun kini menjadi aplikasi share video berformat portrait yang telah digunakan juga oleh Instagram lewat reels, atau youtube dengan shorts.

Ramainya user tiktok selain karena sebagai bentuk hiburan bagi penggunanya, juga karena mereka bisa memperoleh pendapatan lewat aplikasi penghasil uang ini.

Bagaimana caranya? 

Berikut rangkuman tentang berbagai cara mendapatkan uang dari tikTok:

1. Jadi TikTok Influencer 

Influencer identik dengan instagram. Namun, peran ini juga berlaku di tiktok. Dimana, dengan menjadi influencer disini juga dapat menghasilkan uang bagi penggunanya.

Menjadi content creator artinya kita berpeluang didatangi sebuah produk untuk dimintai kerja sama yang menguntungkan satu sama lain.

Agar tetap konsisten menghasilkan uang lewat kreasi yang dibuat, kita butuh fokus terhadap satu niche, selalu rutin update konten, serta sering-sering berinteraksi di kolom komentar.

Selain menjadi influencer tiktok, masih banyak hal yang bisa dilakukan dalam meraup keuntungan, seperti mengikuti Creator Fund, jalankan misi dan lainnya, yang bisa disimak pada poin selanjutnya.

2. Jalankan Misi TikTok

Kenapa tiktok sering dipandang sebagai aplikasi penghasil uang? Itu karena mudahnya user untuk bisa mendapatkan rupiah tanpa modal.

Salah satunya terdapat misi berupa menonton video lalu mendapatkan koin, yang nantinya dapat ditukarkan dengan uang.

Selain menonton video, juga terdapat tugas mengundang teman yang bayarannya berupa rupiah. Besaran jumlahnya tergantung berapa banyak orang lain yang berhasil kita undang dengan mendaftar lewat kode referral.

Kemudahan inilah yang membuat tiktok sebagai aplikasi legit penghasil uang. Karena tanpa followerspun, kita masih bisa mendapatkan uang dari kedua misi tersebut. 

3. Gabung TikTok Creator Fund

Setelah memutuskan untuk menjadi influencer, selanjutnya Anda bisa ikut gabung tiktok creator fund.

Dengan mengikuti fitur ini, kita dapat memperoleh bayaran apabila terdapat video yang diposting tersebut viral, sehingga meningkatnya engagement.

Namun, agar bisa ikut program Creator Fund ini, terdapat syarat yang mesti dipenuhi. Contohnya minimal berhasil mendapatkan 100 ribu views selama 30 hari terakhir.

Namun, syarat tersebut mungkin dapat berubah sepanjang waktu, sesuai kebijakan platform.

4. Gift Livestreaming

Sebelum bisa melakukan livestreaming, Anda mesti memiliki minimal 1.000 followers, dan berusia lebih dari 16 tahun untuk mengaktfikan fitur ini.

Setelah syarat terpenuhi Anda bisa memanfaatkan live streaming untuk mendatangkan gift atau hadiah yang bisa ditukar dengan uang tunai.

Hal yang bisa dilakukan saat live seperti konten gaming. Game nya bervariasi, tapi kebanyakan banyak live game moba Mobile Legend.

Selain ML, catur saat ini juga banyak digemari oleh para player untuk dimainkan saat live tiktok. Terbukti, dengan banyaknya pemain chess.com yang ikut memainkannya ketika live berlangsung. 

5. Ikut TikTok Affiliate

Dalam aplikasi penghasil uang satu ini, kita juga bisa melakukan program afiliasi lewat tiktok affiliate. Afiliasi adalah kegiatan promosi terhadap suatu produk, kemudian mendapat bayaran dari setiap penjualan.

Cara kerjanya sama saja dengan mengikuti program affiliate marketing pada website lain. Dimana ketika ada klien yang menjual produknya, lalu Anda buat video dengan mencantumkan kode referral maupun link afiliasi di dalam video atau kolom deskripsi.

Setelah orang lain mengklik link tersebut dan melakukan pembelian, kita langsung mendapatkan komisi sesuai yang telah disepakati.

6. Konten Bersponsor

Cara dapat uang dari TikTok berikutnya yaitu lewat konten bersponsor. Content sponsored adalah jenis konten promosi dengan menjelaskan sebuah produk.

Saat proses pembuatan video, Anda bisa melakukan promosi lewat review dan juga testimoni, sesuai dengan strategi marketing yang dijalani.

Enaknya lagi, karena saat ini walau hanya memiliki sedikit followes juga bisa melakukan sponsored content.

Jadi, para konten kreator tak perlu takut lagi dengan tingkat persaingan yang tinggi.

7. Jualan Online di TikTok Shop

Dunia digital marketing kini dinilai sebagai langkah yang tetap untuk bisa memasarkan produk lewat berbagai platform, termasuk aplikasi ini dengan fitur tiktok shop.

Jualan online dengan cara ini dinilai lebih efektif dibanding dengan hanya memajangnya pada toko offline saja. Karena, sudah terbukti ampuh bisa memperkenalkan produk secara luas kalau dibandingkan lewat toko fisik.

Jadi, manfaatkanlah fitur tiktok shop untuk bisnis online produk kamu, dan terimalah benefit yang sangat besar saat mempromosikan produk Anda lewat tiktok.

8. Pakai TikTok Ads

TikTok Ads menjadi cara alternatif lainnya dalam menambah pendapatan. Jadi, apabila Anda memiliki website bisnis untuk berjualan produk, maka bisa dilakukan dengan cara ini.

TikTok Ads adalah iklan online untuk meningkatkan kunjungan trafik organik menuju website bisnis.

Terdapat variasi format iklan yang ditampilkan, misalnya In-feed Image Ads ataupun TopView Ads berformat fullscreen.

9. Promosi Musik

Apabila Anda terbiasa bikin lagu, tidak ada salahnya kalau mempromosikannya kedalam aplikasi tiktok. Caranya gampang, bisa dengan hanya membawakan lagu kedalam video.

Selain video sendiri, kita juga bisa membayar konten kreator lain yang memiliki banyak followers untuk membantu memperkenalkan karya musik kita.

Bahkan kalau sudah viral, dalam artian potongan lagu tersebut banyak dipakai pengguna lain sebagai bahan lip sync atau sebagainya, maka otomatis karya musik kita akan lebih dikenal luas.

10. Kerja Sama Influencer

Mungkin sebagai influencer pemula sulit menghadapi ketatnya persaingan. Namun, hal itu bisa diatasi dengan mengajak kerja sama antar influencer.

Terlebih lagi apabila influencer tersebut sangat populer dengan jutaan followersnya. Efek positif tentu bakal dirasakan dengan ajakan kolaborasi ini.

Contohnya, bisa meningkatkan engagement akun, menarik pengikut baru, hingga meraih banyak pendapatan uang.

11. Jadi Admin TikTok

Sebagai tiktoker pemula, tentu ingin cepat-cepat mendapatkan pundi-pundi uang. Namun, masalahnya mereka tidak punya waktu atau tidak tau cara mengelola akun tiktok pribadi mereka.

Nah, ini membuka bisnis marketing agency salah satunya menjadi admin tiktok. Caranya identik dengan jasa admin media sosial seperti yang lainnya.

Akan tetapi, sebelum menawarkan jasa admin tiktok kepada klien, pastikan Anda tahu betul seputar dunia digital marketingSelain itu, kita mesti kreatif memunculkan ide-ide saat membuat content marketing.

Tak ketinggan pula kalau tujuan video tiktok dibuat supaya cepat viral atau masuk fyp. Nah, sebagai seorang digital marketer hal itu tentunya mesti dikuasai.

12. Jual Akun TikTok

Kalau gamer, selain menjadi joki game mereka kerap menjual akun game untuk mendatangkan uang. Demikian halnya dengan akun tiktok.

Bisnis jual beli akun TikTok sudah menjadi rahasia umum karena sudah banyak dipraktekkan oleh pemain akun. Para pembelipun pastinya tertarik karena mereka tidak perlu susah payah lagi memulai dari awal untuk mendapatkan followers.

Ditambah lagi jika Anda merupakan seorang yang aktif di media sosial, dan tau trik atau teknik mendatangkan followers organik dengan cepat.

Dengan begitu, Anda bisa menjadi penjual akun tiktok dengan jumlah besar, lalu menawarkannya di berbagai marketplace jual beli online.

Posting Komentar untuk "12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Untuk Menambah Penghasilan"