Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Contoh Teknologi Informasi dalam Membantu Aktivitas

Contoh Teknologi Informasi
Contoh Teknologi Informasi

Evin - Teknologi informasi telah menjadi tulang punggung masyarakat modern. Manfaatnya bisa dirasakan pada berbagai bidang seperti komunikasi, perdagangan, hiburan hingga kesehatan. Teknologi ini telah meresapi setiap aspek kehidupan kita.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui peran serta bagaimana contoh penerapan jenis teknologi informasi dalam keseharian.

Untuk itu, kita akan jelajahi serta mengeksplorasi peluang dan tantangannya yang hadir di dunia digital.

{tocify} $title={Table of Contents}

Perkembangan Teknologi Informasi

Sebelum mengetahui contohnya, mungkin lebih baik kita ketahui dulu perkembangan teknologi informasi ini.

Teknologi informasi terus berkembang seiring berjalannya waktu. Inovasi dan penemuan baru terjadi secara teratur, memungkinkan kita dapat terus mengoptimalkan cara kerja dan berinteraksi.

Berikut adalah beberapa perkembangan terkini dari teknologi informasi:

Internet of Things (IoT)

IoT adalah konsep di mana beragam perangkat fisik seperti kendaraan, perangkat rumah tangga, dan sensor terhubung satu sama lain melalui jaringan internet.

Terjadinya proses ini akan menciptakan pertukaran data dan informasi antar gawai tersebut, sehingga nantinya membuka potensi baru untuk otomatisasi dan kontrol jarak jauh.

Artificial Intelligence (AI)

Artificial Intelligence merujuk pada kemampuan mesin untuk meniru kecerdasan manusia dalam melakukan tugas-tugas tertentu.

Dalam konteks teknologi informasi, AI telah digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk mesin pencari cerdas, asisten virtual, analisis data, dan banyak lagi.

Contohnya Chatgpt untuk penulisan artikel atau Stabble diffusion sebagai pembuat gambar berbasis AI.

Komputasi Awan (Cloud Computing)

Cloud computing adalah model penyimpanan data dengan melibatkan penggunaan jaringan internet. Adanya cloud computing dinilai memberikan tingkat fleksibilitas tinggi.

Misalnya, dengan menyimpan file ke Google Drive atau Dropbox, maka file tersebut bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Contoh Teknologi Informasi

Ok, setelah mengetahui perkembangannya, kini saatnya kita cari tahu bagaimana contoh teknologi informasi ketika diterapkan saat berkegiatan sehari-hari.

Berikut beberapa contoh teknologi informasi:

1. Internet

Dengan internet yang telah hadir sejak sebelum tahun 2000-an dan terus berkembang hingga saat ini, menjadikannya sebagai jaringan yang sangat dibutuhkan oleh semua kalangan masyarakat.

Internet memudahkan penggunanya untuk sharing informasi, bahkan sampai bisa membentuk komunitas online, sehingga jaringan ini telah mengatur revolusi industri 4.0.

Sebagian besar manfaat yang dapat dirasakan dari internet, bisa kita lihat pada poin-poin berikutnya dibawah ini.

2. Ponsel

Zaman serba canggih seperti sekarang ini, membuat Anda pasti tidak bisa lepas tanpa ponsel. Mau itu smartphone atau ponsel jadul sekalipun, tetap dibutuhkan sebagai media telepon dalam berkomunikasi jarak jauh.

Kalau sekarang, mungkin sudah ada aplikasi pesan singkat seperti WA dan Telegram, namun sejak dulu fitur SMS di handphone menjadi andalan dalam berkabar.

Bahkan saking canggihnya, fitur ponsel telah merambah keberbagai keperluan.

Bukan hanya sekedar bertukar info, tetapi juga sudah tersedia fitur ponsel untuk memotret, ambil video, hingga bermain game.

3. Asisten Virtual

Evolusi dari teknologi juga masuk ke sistem pengenalan suara. Dengan cara ini, bisa dibilang lebih efisien waktu dibanding konsep pengetikan.

Sebagai contoh Google Assistant milik Google, Siri dari Apple, serta Alexa kepunyaannya Amazon.

Ketiganya memberikan dampak signifikan untuk berkontribusi secara efektif dan efisien dalam memberikan masukan sebagai asisten, tanpa perlu menambah pekerja tambahan.

4. Televisi

Sebelum dominasi internet pada ponsel pintar, keberadaan televisi menjadi andalan orang-orang untuk melihat peristiwa yang terjadi di penjuru dunia.

Kabar peristiwa yang tersebar dengan cepat, atau dengan adanya breaking news yang mengabarkan kejadian secara up to date, menjadikan tv begitu penting bagi masyarakat dalam menerima informasi.

Tentunya, selain sebagai teknologi informasi, televisi juga menjadi andalan sebagai sarana hiburan untuk melepas penat.

5. Radio

Seperti televisi, radio juga kerap memberikan update informasi terkini. Walaupun tidak tersedia efek visual layaknya televisi, radio banyak digandrungi penggunanya untuk mendapatkan info. 

Untuk menyebarluaskan informasi yang terjadi, radio memerlukan penyiar sebagai pembawa kabar tersebut.

Sebenarnya, radio identik dengan hiburan seperti musik. Namun, adakalanya juga memberitakan sebuah peristiwa yang lagi hangat-hangatnya terjadi.

6. Aplikasi kantor

Ketika mengerjakan tugas kantor, pegawai dulu biasanya memakai mesin tik dalam pengetikan berkas. Namun, semua beralih ketika microsoft memperkenalkan salah satu produknya, yaitu ms. word.

Bukan hanya word, produk office lain yang turut digunakan seperti excel dan power point.

Bahkan dengan teknologi yang terus menerus berkembang, program-program lain selalu bermunculan.

Kali ini yang seringkali dipakai seperti software spreadsheet untuk menyimpan file besar dalam data entry.

7. Email

Siapapun Anda dan apapun pekerjaan Anda, kita butuh yang namanya email. Walaupun seorang pegawai kantoran, influencer, atau pelajar sekalipun surel ini berperan penting dalam beraktivitas online.

Bahkan, pengguna smartphone tentunya gak asing dengan surat elektronik ini. Karena email diperlukan ketika mendaftar akun-akun pada media sosial, ataupun saat mendaftar ponsel itu sendiri.

Dalam teknologi informasi, email sangat berguna untuk mengirim dan menerima pesan dengan cepat.

Kalau dulu mau mengirim surat lewat pos, butuh waktu berhari-hari atau bahkan sampai berbulan-bulan, maka dengan email pesan tersebut dapat terkirim dalam sekejap.

8. Bisnis Online

Dalam berbisnis, belum cukup rasanya kalau hanya berjualan secara offline. Apabila ingin memajukan usaha Anda, cobalah memulai bisnis online.

Praktek digital marketing juga bagian dari teknologi informasi. Adanya beragam marketplace dan ecommerce, menandakan kalau berbisnis secara online berpeluang besar menambah pangsa pasar.

Sebab, produk Anda akan dikenali oleh konsumen yang posisinya jauh dari pusat bisnis Anda, sesuatu yang sulit dilakukan jika kita hanya membuka toko fisik.

Apalagi jika menambahkan fitur chatbot kedalam web bisnis. Karena proses komunikasi akan cepat, sehingga bakal meningkatkan nilai kepuasan konsumen.

9. Platform Media Sosial

Kemajuan teknologi informasi menjadi faktor hadirnya berbagai macam platform media sosial.

Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, dan juga Tiktok adalah contoh dari media sosial raksasa yang memiliki milliaran pengguna.

Deretan media sosial tadi memudahkan Anda untuk berbagi. Tujuannya bisa untuk sekedar hiburan, atau mungkin sebagai wadah bisnis online Anda.

10. Content Management Software

Seperti halnya media sosial, content management system adalah wadah bagi penggunanya untuk memperoleh penghasilan tambahan.

CMS sangat populer seperti blogspot dan wordpress diminati oleh para blogger untuk memperlihatkan tulisannya.

Dengan cms tersebut Anda bisa berkomunikasi sambil mendapatkan uang. Misalnya dengan bikin blog dan artikel, atau membuat website online business.

11. Portal Berita Online

Jika ingin mendapatkan berita, biasanya kita mesti membeli koran. Namun, saat ini sudah ada yang lebih efektif, yaitu dengan melihat portal berita online.

Hal itu juga yang meyakinkan pemilik bisnis berita seperti tribun dan kompas. Karena sekarang mereka bukan hanya menyediakan media cetak saja, tetapi juga media online.

Terlebih lagi, pemasukan mereka pastilah bertambah besar. Karena layaknya tulisan blog, artikel berita yang dibuat juga disisipi iklan adsense, taboola, atau mgid.

Bagi konsumen, adanya berita online dinilai lebih ekonomis dibanding jika harus membeli koran setiap hari.

12. Podcast

Play on deman broadcast atau yang lebih dikenal sebagai podcast adalah media pertukaran informasi dengan dihadiri oleh narasumber.

Podcast ini identik dengan radio, namun bedanya podcast masih bisa dilihat secara visual sedangkan radio tidak, hanya tersengar suaranya saja.

Para youtuber juga sudah banyak memakai konsep podcast dalam niche youtube mereka. Karena dinilai bisa menghasilkan uang dalam jumlah besar.

Akhir-akhir ini, berbagai merek ternama mulai menambahkan industri ini kedalam fitur mereka.

Seperti Apple meluncurkan Apple Podcast serta Spotify lewat fitur Podcast dan telah digemari banyak audiensnya.

Posting Komentar untuk "10+ Contoh Teknologi Informasi dalam Membantu Aktivitas"