Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Website Untuk Buat Tanda Tangan Online

Buat Tanda Tangan Online
Buat Tanda Tangan Online

Evin - Kemajuan era digital, membuat segala sesuatunya menjadi lebih praktis dan efisien. Begitu pula dengan proses membuat tanda tangan, yang kini dapat dilakukan secara online dengan singkat dan mudah.

Jika Anda sering merasa repot harus mencetak dokumen hanya untuk menandatanganinya, maka saatnya untuk beralih ke cara yang lebih modern.

Bagaimana metodenya, dan apa pula alat yang mesti dipersiapkan?

Nah, untuk itu, kali ini kita akan bahas deretan website terbaik untuk buat tanda tangan online, dimana hal ini memudahkan Anda membuat signature digital, tanpa perlu mencurahkan waktu dan tenaga.

{tocify} $title={Table of Contents}

Apa itu Tanda Tangan Digital

Sebelum berbicara tentang aplikasi apa saja yang berguna untuk membuat tanda tangan online, mari kita kenali terlebih dahulu penjelasan mengenai apa itu tanda tangan digital.

Tanda tangan digital adalah bentuk signature electronic dengan menggunakan kriptografi agar memberikan keamanan dan otentikasi terhadap dokumen atau pesan yang ditandatangani.

Dengan bantuan teknologi ini, tanda tangan digital artinya memiliki tingkat keamanan yang tinggi dan diakui sah secara hukum dalam banyak yurisdiksi di dunia.

Manfaat Tanda Tangan Online

Adanya web serta aplikasi pembuatan tanda tangan online, memungkinkan penggunanya akan merasakan berbagai manfaat yang tidak bisa diabaikan.

Apa saja kelebihannya? Berikut beberapa alasan mengapa kita perlu beralih ke tanda tangan online:

Efisiensi Waktu dan Biaya

Apabila membuat tanda tangan secara manual, seringkali memerlukan waktu yang cukup lama, terutama jika dokumen mesti dikirimkan bolak-balik melalui pos atau kurir.

Namun, berkat teknologi tanda tangan digital, proses tersebut bisa terselesaikan hanya dalam hitungan detik, tanpa perlu mencetak, mengirim, atau mengembalikan dokumen secara fisik.

Selain itu, kita tidak perlu lagi ngeprint dokumen. Artinya, Anda juga menghemat biaya kertas serta ongkos pengiriman.

Ramah Lingkungan

Seperti yang kita tahu, kalau sampah kertas yang berserakan, akan menjadi limbah yang nantinya dapat merusak alam.

Bayangkan kalau setiap hari terdapat ribuan kertas yang digunakan untuk proses tandatangan. Berarti, hanya dalam tempo setahun tumpukan kertas tersebut bisa menjadi faktor tercemarnya alam.

Nah, dengan mengurangi penggunaan kertas menjadi salah satu langkah kecil berkurangnya masalah sampah.

Dengan begitu, tanda tangan online dinilai lebih ramah lingkungan.

Keamanan dan Keabsahan

Aplikasi tanda tangan online terpercaya menyediakan tingkat keamanan tinggi dengan penggunaan teknologi kriptografi.

Hal ini memastikan bahwa tanda tangan Anda tidak dapat dipalsukan. Untuk keasliannya dapat diverifikasi oleh pihak yang berwenang.

Fleksibilitas Tinggi

Jika menandatangani secara manual, berarti Anda butuh kertas sebagai medianya. Namun, bagaimana kalau berkas tersebut tertinggal atau hilang disaat genting? Tentu itu menjadi masalah besar.

Akan tetapi, masalah itu dapat teratasi jika menggunakan tandatangan online. Sebab, hanya dengan ponsel, file dokumen tersebut bisa dibuka kapan dan dimana saja.

Website Terbaik Signature Online

Berhubung di atas telah dijelaskan definisi serta manfaat yang diberikan oleh signature online, maka tidak ada salahnya kita mencoba beralih ke basis digital.

Untuk itu, kalian perlu bantuan web atau aplikasi untuk penerapannya. Berikut dirangkum rentetan website untuk buat tanda tangan online.

1. Eversign

Eversign adalah salah satu aplikasi terbaik yang patut dipertimbangkan ketika Anda membutuhkan solusi tanda tangan online.

Lewat fitur-fitur canggihnya, Eversign telah berhasil memikat hati banyak pengguna yang mencari cara efektif dan efisien untuk penandatanganan dokumen secara digital.

Salah satu keunggulan Eversign adalah antarmuka pengguna yang intuitif dan ramah.

Ketika pertama kali membuka aplikasi ini, Anda langsung merasa familiar dan nyaman dengan tampilan tata letaknya yang bersih dan rapi.

Tak hanya itu, navigasinya pun sederhana sehingga orang awam teknologi pun, dapat dengan mudah menjalankannya.

Fitur lain dari Eversign yaitu mampu mengelola banyak jenis dokumen secara online. Mulai dari dokumen kontrak bisnis, perjanjian, formulir, atau surat resmi lainnya. Semuanya bisa ditandatangani dalam waktu singkat.

Anda juga tidak perlu khawatir masalah keamanannya. Karena Eversign dilengkapi fitur protokol security tingkat tinggi. Jadi, tidak perlu lagi memikirkan tentang kerahasiaan dokumen Anda.

2. DocuSign

DocuSign merupakan salah satu aplikasi tanda tangan online terkemuka yang telah membuktikan keandalannya di berbagai sektor, mulai dari bisnis hingga pemerintahan.

Berkat rekam jejak yang kuat, tidak mengherankan bahwa DocuSign kerap menjadi pilihan utama bagi banyak perusahaan besar dan lembaga resmi.

Fitur canggih yang ditawarkan seperti dapat mengundang beberapa pihak untuk menandatangani dokumen yang sama, sehingga terjadi kolaborasi yang mudah dalam sebuah kesepakatan atau proyek.

Tidak hanya itu, DocuSign juga menyediakan integrasi ke berbagai aplikasi penyimpanan cloud yang umum digunakan, seperti Google Drive dan Dropbox.

Jadi, kita bisa dengan mudah mengimpor dokumen dari platform lain ke dalam aplikasi DocuSign, sehingga menghindari repotnya mengunggah dokumen secara manual.

3. HelloSign

Seperti kedua contoh di atas, HelloSign juga bisa dijadikan media aplikasi sebagai tempat pembuatan ttd online.

Dibuat dengan antarmuka yang simple, HelloSign menyediakan segala yang Anda butuhkan tanpa fitur-fitur yang membingungkan.

Salah satu keunggulan HelloSign adalah kemudahan penggunaannya. Tanpa perlu menghadapi kurva pembelajaran yang curam, Anda dapat segera mulai membuat tanda tangan digital pertama dengan cepat.

Prosesnya sederhana. Cukup upload dokumen, berikan tanda tangan, dan kirim berkas tersebut langsung ke penerima.

Selain fitur-fitur dasarnya, HelloSign juga menawarkan kemampuan untuk mengisi dan menyimpan beberapa tanda tangan yang berbeda sekaligus dalam satu aplikasi.

4. Adobe Sign 

Adobe Sign adalah satu dari sekian banyak aplikasi tanda tangan digital dengan penawaran beragam fiturnya.

Adobe Sign memungkinkan kita untuk dapat melakukan tandatangan berkas langsung melalui ponsel atau laptop, bisa lewat finger print, atau kamera.

Terlebih lagi Adobe Sign menyediakan fitur yang bisa terhubung ke aplikasi lainnya seperti Microsoft Office ataupun SharePoint.

Dari segi keamanan juga gak perlu diragukan. Karena Adobe Sign memiliki kelebihan yang terletak pada tingkat keamanan yang tinggi. Contohnya terdapat keamanan enkripsi data yang terverifikasi.

5. SignNow

Satu lagi aplikasi untuk buat tanda tangan online dengan mudah yaitu SignNow. Dimana aplikasi ini juga bisa menghubungkan ke cloud, misalnya Dropbox, Google Drive, serta OneDrive.

Via SignNow, kita bisa membuat tanda tangan untuk dokumen berbasis online. SignNow memakai stylus lewat smartphone atau device lainnya.

Harganya sendiri cukup terjangkau, 8 hingga 50 dollar per tahun. Namun tenang saja, karena kita bisa melakukan trial sebagai langkah percobaan.

6. SmallPdf

Mungkin website ini sudah tidak asing lagi bagi kalian, karena Aplikasi SmallPDF menjadi andalan saat ingin convert dokumen dari atau ke pdf.

Biasanya file yang ingin dirubah misalkan foto, ms word, atau mungkin ingin menggabungkan beberapa file menjadi satu pdf lewat fitur merge pdf.

Namun, masih ada satu fitur lainnya yaitu tanda tangan online, yang bisa diakses secara gratis.

Cuma, sesuai namanya, aplikasi ini hanya bisa melakukan tanda tangan dalam bentuk pdf saja. 

7. DocHub

Alternatif lainnya yaitu DocHub. Sebenarnya Dochub bukanlah website khusus electronic signature saja, karena masih ada fitur lain seperti edit pdf.

Untuk tanda tangan online sendiri bisa juga dilakukan disini. Sebelumnya, Anda sign up dulu via email ataupun akun google.

Dochub sebetulnya bisa dipakai gratis. Namun sayangnya versi gratis ini hanya tersedia credit 5 tanda tangan.

Kalau mau lebih, kita mesti upgrade ke pro dengan nominal biaya sekitar $10 per month. Paket ini menyediakan unlimited signatures.

8. WPS Office

Satu lagi aplikasi untuk membuat tanda tangan online yaitu WPS Office, lewat fiturnya WPS writer. Namun, apabila tidak bisa melakukan tanda tangan, mungkin Anda mesti download WPS versi terbaru.

Dengan fitur ini, kita bisa bikin tanda tangan online di word maupun pdf. Selain signature online, website ini juga menyediakan fitur Spreadsheet dan presentation.

Soal harga masih bisa dijangkau. Sekitar Rp. 149.000,- untuk masa 3 bulan. Atau kalau kamu ingin akses setahun, pembayarannya berjumlah Rp. 269.000,-.

9. eSignatures.io

Berikutnya ada eSignatures.io. Dimana, eSignatures.io adalah aplikasi tanda tangan elektronik berkonsep one stop solution.

Harganya sendiri sangat murah, cuma $0.49 tanpa biaya tambahan bulanannya. Dengan uang segitu Anda mendapatkan benefit berupa unlimited users, no upselling, dan API.

Hanya saja, tidak serta merta aplikasi ini menjadi prioritas karena juga terdapat  kekurangan.

Sebagai contoh, apabila berkas yang mau dibuat tanda tangan jumlahnya banyak, maka semakin besar pula tarif yang wajib dibayarkan.

Masalah seperti ini dinilai tidak sepadan apabila perusahaan harus bikin tanda tangan dalam jumlah besar, karena akan terlalu banyak beban yang dibayar.

10. CreateMySignature

Terakhir, website untuk menghasilkan ttd online ada createmysignature. Mungkin sebagian penggunanya beranggapan kalau website ini dipandang sebagai salah satu aplikasi tanda tangan digital terbaik.

Sesuai namanya, CreateMySignature adalah website tanda tangan berbasis online dengan kelebihannya yaitu pembuatan e-signature. Fiturnya sangat easy to use, reliable, dan completely secure.

Penggunanya menjadikan website ini sebagai favorit dikarenakan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi apapun. Sehingga kita bisa berhemat memori internal.

Benefit lain yang didapat yaitu bisa digunakan secara gratis. Bahkan kita cukup mencorat-coret pada bagian draw by hand, lalu mendownloanya.

Kesimpulan

Membuat tanda tangan kini dipermudah dengan adanya layanan signature online. Inovasi ini membantu para technopreneur mempercepat proses kerja.

Berkat deretan website di atas, para businessman tidak perlu pusing lagi apabila mesti tanda tangan dokumen secara manual, karena sudah bisa dibuat via online.

Posting Komentar untuk "10 Website Untuk Buat Tanda Tangan Online"