Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Menghemat Uang bagi Mahasiswa

Tips dan Trik Menghemat Uang bagi Mahasiswa
 Tips dan Trik Menghemat Uang bagi Mahasiswa

Tips dan Trik Menghemat Uang bagi Mahasiswa - Mahasiswa seringkali dihadapkan pada masalah finansial, terlebih disaat-saat tertentu seperti pada masa pandemi kemarin.

Tidak hanya harus mengeluarkan uang untuk keperluan kuliah, tetapi juga harus mengatur keuangan untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi jika mahasiswa tersebut, kuliah dengan merantau jauh dari rumah.

Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa menghemat uang agar bisa mengalokasikan uangnya dengan bijak. Artikel ini akan memberikan tips dan trik menghemat uang bagi mahasiswa.

{tocify} $title={Table of Contents}

Tips Menghemat Uang bagi Mahasiswa

Banyak cara bagi mahasiswa untuk menghemat uang. Dimana sebaiknya hal ini harus dilakukan, mengingat jalan hidup kalian yang masih panjang.

Untuk itu, berikut adalah tips dan trik menghemat uang bagi mahasiswa yang boleh dicoba: 

Mengatur Anggaran

Mengatur anggaran merupakan hal penting untuk dilakukan oleh mahasiswa. Hal ini dapat membantu mahasiswa dalam mengetahui berapa banyak uang yang dikeluarkan setiap bulannya.

Dengan mengetahui besaran jumlah uang yang dikeluarkan, mahasiswa bisa mengatur keuangan dengan lebih bijaksana.

Supaya dapat mengatur anggaran, kalian bisa membuat daftar pengeluaran bulanan. Dimana cara ini akan membantu mahasiswa untuk mengetahui berapa budget yang diperlukan setiap bulan.

Para Mahasiswa dapat mencatat semua pengeluaran mereka setiap bulannya, termasuk kebutuhan kuliah, kebutuhan sehari-hari, ataupun kebutuhan tak terduga lainnya.

Setelah mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan setiap bulan, maka selanjutnya, mahasiswa dapat membuat anggaran bulanan.

Dengan membuat anggaran bulanan, maka anak kuliahan bisa mengelola pengeluaran mereka. Bisa juga dengan membagi pengeluarannya menjadi beberapa kategori, seperti makanan, transportasi, dan kebutuhan lainnya.

Namanya manusia, memang hobi sekali saat berbelanja, termasuk mahasiswa. Terkadang, mereka sanggup menghabiskan uang dengan jumlah besar, hanya untuk membeli sesuatu yang sebenarnya belum tentu mereka butuhkan.

Untuk itulah, dengan menahan nafsu belanja maka Anda bisa menyimpan uang baik-baik, untuk keperluan yang lebih dibutuhkan.

Menabung

Menabung adalah cara efektif apabila Anda ingin menghemat uang. Dengan menabung, kalian dengan mudah bisa mengalokasikan sebagian dari pendapatan untuk masa depan.

Banyak tempat untuk mahasiswa menyimpan uang. Salah satunya, bisa dengan menabung di bank.

Dimana jenis tabungan ini merupakan cara yang paling umum dilakukan oleh mahasiswa. Mahasiswa dapat membuka rekening tabungan di bank dan menyimpan uangnya secara rutin setiap bulan.

Selain menabung di bank, mahasiswa juga dapat menabung di e-wallet. Banyak opsi pilihan dompet digital yang bisa digunakan untuk menyimpan saldo Anda.

Di Indonesia sendiri, contoh perusahaan startup fintech ini sudah banyak bermunculan, seperti OVO Dana, LinkAja, dan GoPay. Untuk fitur menabung, Gopay adalah salah satu startup yang menyediakan fitur unik tersebut.

Mahasiswa dapat menabung secara otomatis dari saldo dompet digitalnya.

Mencari Diskon dan Promo

Mencari diskon dan promo menjadi cara lain mahasiswa agar bisa menghemat uang. Diskon dan promo ini dapat ditemukan di berbagai tempat, seperti restoran, toko buku, atau toko pakaian.

Ada berbagai cara bagi mahasiswa mendapatkan informasi diskon ini. Salah satunya lewat aplikasi startup seperti Traveloka untuk bepergian, Tokopedia bagi yang ingin berbelanja pada marketplace, atau mungkin info promo di Gojek kalau ingin menggunakan fitur Goride atau Gofood.

Selain lewat aplikasi, informasi promo dan diskon bisa diperoleh apabila sudah menjadi member di suatu tempat, yang dapat memberikan keuntungan bagi mahasiswa. Beberapa tempat seperti bioskop, restoran, dan toko pakaian biasanya memberikan diskon khusus bagi anggotanya.

Bagi mahasiswa yang hobi berolahraga, mungkin sering menyewa tempat-tempat seperti lapangan futsal, lapangan bulutangkis, atau tempat nge gym.

Biasanya, jika sudah menjadi member di tempat penyewaan olahraga tersebut, pemilik tempat suka memberikan potongan harga.

Menghemat Uang di Kebutuhan Kuliah

Dalam kegiatan belajar mengajar di kampus, mahasiswa tentunya memiliki kebutuhan. Terkadang, biaya yang dibutuhkan cukup mahal. Karena itulah, anak kuliah dituntut untuk pintar-pintar mengeluarkan uangnya untuk kebutuhan kuliah agar bisa menghemat uang.

Caranya, bisa dengan meminjam buku di perpus. Mengingat harga buku yang sangat mahal untuk kantong pelajar, maka cara ini bisa dijadikan opsi untuk dilakukan.

Perpustakaan umum atau perpustakaan di kampus seringkali memiliki koleksi buku yang dibutuhkan para mahasiswa. Mereka dapat meminjam buku-buku tersebut secara gratis atau dengan biaya yang murah.

Satu lagi tips dan trik menghemat uang bagi mahasiswa di tempat kuliah adalah dengan meminjam alat tulis dari teman jika memang tidak diperlukan untuk dibeli sendiri. Hal ini dapat membantu menghemat uang di kebutuhan kuliah.

Namun ingat, jangan keseringan melakukan hal ini karena tentu teman Anda juga membutuhkan barang yang sama. Lagipula tidak enak juga kalau kita sering-sering meminjam barang.

Menggunakan Transportasi Umum

Biasanya, mahasiswa telah dimodali kendaraan oleh orang tuanya untuk bepergian termasuk ke tempat kuliah. Namun, karena harga kendaraan yang cendrung mahal, maka memang tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi.

Bagi yang tidak punya, bisa pergi ke kampus dengan menggunakan transportasi umum agar dapat membantu menghemat uang bagi mahasiswa. Transportasi umum seperti bus atau naik ojek seringkali lebih murah daripada menggunakan taksi.

Terdapat sebagian perusahaan transportasi umum menyediakan program khusus untuk mahasiswa. Program ini dapat memberikan diskon atau harga khusus bagi mahasiswa dalam perjalanan ke kampus.

Supaya lebih hemat lagi, mungkin bisa numpang bersama teman. Akan tetapi, alangkah lebih baik apabila mahasiswa mau berbagi biaya bensin atau parkir sebagai balasan karena memberikan tumpangan.

Menghindari Makanan Mahal

Makanan seringkali menjadi biaya yang mahal bagi mahasiswa. Bahkan, bisa sampai menguras dompet mahasiswa. Oleh karena itu, menghindari makanan mahal dapat membantu Anda untuk menghemat uang.

Salah satu tips paling hemat soal makanan, yaitu dengan membawa bekal dari rumah. Mahasiswa dapat memasak menyiapkan makanan sendiri dari rumah dan membawanya ke kampus.

Bagi yang tidak bisa masak, mahasiswa dapat mencari tempat makan yang murah, namun juga memiliki menu yang sehat. Beberapa tempat makan seperti warung atau kantin kampus kerap menyediakan menu makanan yang lebih murah.

Kalau perlu, cari tempat makan yang ada promonya. Potongan harga tersebut sangat berarti bagi mahasiswa yang ingin menghemat uang.

Menggunakan Barang Bekas

Menggunakan barang bekas merupakan tips dan trik menghemat uang ala mahasiswa. Barang bekas seperti pakaian atau elektronik bisa dioptimalkan untuk dipergunakan dengan baik.

Mahasiswa dapat membeli barang bekas dari toko barang bekas atau pasar loak. Biasanya, barang-barang bekas tersebut masih bisa dipakai dengan baik dan bisa dibeli dengan harga yang lebih murah daripada barang baru.

Opsi lainnya yaitu menukar barang yang sudah tidak digunakan dengan teman. Misalkan, kita butuh handphone, dan teman lebih butuh laptop. Dengan perkiraan harga yang sama, maka kalian bisa melakukan penukaran barang.

Hal ini dapat membantu menghemat uang di kebutuhan barang-barang yang masih diperlukan.

Kesimpulan

Menghemat uang merupakan hal yang penting bagi mahasiswa. Berbagai cara bisa dilakukan mahasiswa agar dapat menyimpan uangnya dengan baik.

Bisa dengan mengatur anggaran, menabung, mencari diskon dan promo, meminjam buku dan alat tulis, menggunakan transportasi umum, menghindari makanan mahal, dan menggunakan barang bekas, mahasiswa dapat menghemat uang dengan efektif.

Tips dan trik di atas merupakan sebagian langkah yang boleh dicoba oleh mahasiswa. Mungkin setiap orang memiliki pandangannya sendiri untuk hal yang boleh dilakukan atau tidak dalam hal menghemat uang.

Namun, dengan asumsi mahasiswa butuh bekal untuk pengeluaran-pengeluaran yang tak terduga, maka tips di atas tidak ada salahnya dilakukan.

Posting Komentar untuk " Tips dan Trik Menghemat Uang bagi Mahasiswa"